Saturday, 5 September 2015

Let's talk about tools

Basic tools untuk membuat stempel dari linocut dan block printing.
Sudah beberapa tahun ini saya membuat stempel untuk karya seni dan produk tekstil saya. Pertama kali saya menggunakan penghapus untuk membuat stempel berukuran kecil, saat ini saya menggunakan linocut dan membuat stempel ukuran besar dan kali ini saya ingin mengulas alat-alat yang diperlukan untuk membuat stempel dari linocut.
1. Carving tools
Saya menggunakan alat carving dari speedball (USA), Seed (Jepang), dan alat cukil lokal yang dapat gampang dibeli di banyak toko alat lukis dan bahkan di toko buku. Speedball memiliki banyak pisau yang dapat diganti dan dari berbagai ukuran, saya biasanya menggunakan pisau no.1 atau ukuran terkecil untuk mengukir gambar yang detail. Seed saya dapatkan dari sebuah stamp carving kit  dan pisaunya sangat tajam dan berkualitas tinggi. Alat cukil lokal yang saya gunakan adalah yang berbentuk U, pisaunya tidak terlalu bagus dan gampang tumpul, jadi harus stok banyak apabila hanya menggunakan alat cukil lokal ini.
Bisa dibeli di smartyhands.com, artland.co.id, alatlukis.com
2. Carving block
Banyak material yang bisa digunakan untuk membuat stempel ukir, dari penghapus, linocut, linoleum block, dan kayu. Untuk saat ini saya menggunakan linocut, linocut adalah versi modern dari linoleum block dan terbuat dari karet, linoleum block terbuat dari serat-serat natural yang dipres. Ada juga material penghapus yang dibuat khusus untuk stempel ukir, beberapanya adalah Speedy carve, Moo carve, dan Seed dan jenis ini sangat mudah diukir,saking mudahnya harus berhati-hati agar tidak mengukir terlalu banyak.
Bisa dibeli di smartyhands.com, artland.co.id
3. Bench Hook
Alat ini memudahkan saat sedang mengukir, fungsinya untuk menahan blok agar tidak terpeleset saat diukir, alat ini cocok untuk pemula agar tidak terjadi kecelakaan karena menggunakan alat tajam. Bentuknya bisa dilihat di gambar di bawah, terdapat penahan bawah untuk ditaruh di pinggir meja dan penahan atas untuk menahan blok yang diukir. Ada yang terbuat dari kayu dan lempengan besi. Pada gambar adalah bench hook yang dibuat sendiri oleh suami saya ☺.
Bisa dibeli di artland.co.id
4. Brayer
Alat ini adalah roller untuk mengaplikasikan tinta ke blok, terbuat dari karet dan memiliki beberapa jenis karet dari yang lentur sampai yang keras, dan juga memiliki banyak ukuran.
Bisa dibeli di toko alat lukis.
5. Kertas kalkir/ kertas karbon
Kertas-kertas ini digunakan untuk mentrasfer gambar yang telah kita buat ke blok untuk membuat stempel, banyak teknik transfer yang berbeda karena tidak semua bisa digunakan di material yang sama. teknik transfer akan saya ulas lebih lengkap di posting yang berbeda.
Bisa dibeli di toko alat tulis.
6. Tinta
Tergantung media yang digunakan untuk menstempel, tinta yang digunakan pun berbeda, tinta untuk kertas, untuk kain dan media lainnya. Tinta block print memiliki konsistensi yang lebih pekat dari tinta lainnya agar tinta dapat melekat pada blok dan juga pada material yang digunakan. Tinta untuk kertas dapat menggunakan tinta etching atau tinta offset. Tinta block print untuk kain tidak tersedia di Indonesia, at least yang saya tahu, tapi kita bisa memodifikasi bahkan membuat sendiri tinta block print untuk kain, selengkapnya tentang tinta kain dan apa yang saya gunakan akan saya ulas di post lain.
7. Alat-alat lainnya
Tidak terlihat di gambar adalah:
- Kaca untuk meroll tinta
- Kertas tissue untuk membersihkan, karena kita tidak mau ada tinta yang mengering di alat kita
- Spon ati, biasa digunakan saat mencetak kain sebagai alas.
- Baren, alat untuk menggosok medium saat dicetak, biasa digunakan saat mencetak pada media kertas, bisa juga menggunakan sendok kayu. Atau kamu bisa investasi ke alat press ☺.
Dan itulah alat-alat yang diperlukan untuk membuat stempel ukir dan block printing, semoga tidak ada yang saya lupakan. Semoga membantu dan have fun carving☺.

No comments:

Post a Comment